Merakurak, 10 November 2025 – Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah serta memastikan pelaksanaan program berjalan sesuai standar, Tim Pengawas SMP Pendidikan Kabupaten Tuban melakukan Observasi Pengelolaan Kinerja Sekolah di UPT SMP Negeri 1 Merakurak, pada Senin (10/11/2025).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan sekolah yang dilaksanakan secara berkala untuk menilai efektivitas manajemen, administrasi, dan kinerja guru serta tenaga kependidikan.

PKKS oleh Bapak Kepala Sekolah UPT SMPN 1 Merakurak, Bapak Kholis, S.Pd.,M.Pd

Observasi diawali dengan penyampaian sambutan oleh kepala sekolah, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen sekolah yang meliputi Rencana Kerja Sekolah (RKS), kegiatan pembelajaran, serta program ekstrakurikuler. Pengawas sekolah yaitu, Pak Denny Tricahyo Utomo, S.Pd., M. Pd dan Pak Tri Hartiyanto,S.Pd., M. Pd. juga melakukan tanya jawab interaktif dengan beberapa guru dan meninjau langsung proses pembelajaran di kelas untuk melihat penerapan perangkat ajar serta kedisiplinan guru dalam melaksanakan tugas.

“Observasi ini bukan sekadar penilaian, tetapi sarana untuk mencari solusi bersama demi peningkatan mutu pembelajaran dan pelayanan sekolah kepada siswa,” ujar TRI HARIYANTO,S.Pd., M. Pd. Selaku,pengawas SMP dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban.

Kepala sekolah, Moh Kholis S,Pd M,.Pd menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi motivasi bagi sekolah untuk terus memperbaiki kualitas kinerja.

“Masukan dari tim pengawas sangat penting. Kami akan menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan untuk pengembangan sekolah,” tuturnya.

Dari hasil observasi, beberapa catatan positif diberikan kepada sekolah, termasuk tata kelola administrasi yang tertata rapi serta inovasi pembelajaran berbasis teknologi. Namun, terdapat pula rekomendasi untuk meningkatkan dokumentasi kegiatan rutin dan optimalisasi pelatihan kompetensi guru.


PKKS 2025 di UPT SMPN 1 Merakurak

Kegiatan observasi ditutup dengan refleksi dan penyerahan hasil evaluasi sementara. Harapannya, kegiatan ini mampu mendorong peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen sekolah yang efektif, transparan, dan akuntabel.